Rabu 10 Jan 2018 00:16 WIB

Ratusan Penyu di Pantai Teluk Texas Dilepas ke Alam Bebas

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
Penyu laut.
Foto: EPA
Penyu laut.

REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS -- Penyu laut yang berada di ambang kematian karena hipotermia minggu lalu di sepanjang Pantai Teluk Texas dilepaskan kembali ke alam bebas. Lebih dari dua ribu kura-kura yang terkena hipotermia terselamatkan.

"Saya tidak banyak tidur," kata Kordinator the Sea Turtle Strandingand Salvage Network bagian Texas, Donna Shaver, dikutip dari Fox News, Selasa (9/1).

Shaver mengatur usaha penyelamatan besar yang membentang hampir keseluruhan Pantai Teluk Texas. National Parks Service memimpin penyelamatan dengan bantuan dari Sea World San Antonio Amerika Serikat (AS), Fish and Wildlife Service, Departemen Taman dan Margasatwa Texas, ARK, dan Texas SeaLife Center.

Upaya itu sangat sulit dilakukan pada Kamis (4/1) dan Jumat (5/1)karena banyak penyu yang terkena air 40 derajat selama hampir sepekan. "Saya mengunggah pesan di Facebook untuk meminta bantuan dari relawan saya, saya sangat putus asa," ujarnya.

Penyu-penyu laut tersebut memulihkan diri di tiga fasilitas rehabilitasi hewan lokal yakni Texas State Aquarium, Texas Sea Life Center, dan ARK. Hampir 400 penyu dilepaskan ke alam bebas pada Ahad (7/1). Ratusan penyu lainnya dibebaskan pada Senin (8/1) dan Selasa (9/1).

Penyu yang tersisa belum siap dilepas karena pemulihan yang lambat. "Kemungkinan mereka bertahan dan (tetapi) kemampuan bertahan dialam liar sangat minim," kata Shaver.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement