Rabu 10 Jan 2018 11:12 WIB

Di-bully karena Cintai Muslim, Perempuan India Bunuh Diri

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani
Muslim India
Foto: AP
Muslim India

REPUBLIKA.CO.ID, KARNATAKA -- Seorang perempuan Hindu di negara bagian Karnataka, India bunuh diri karena tak tahan di-bully. Orang-orang merisaknya karena ia berteman dengan seorang pria Muslim.

Perempuan yang namanya tidak dipublikasikan ini mengaku menyukai sang pria. Kepolisian mengatakan teman perempuan tersebut bertanya apa hubungan mereka sebenarnya melalui pesan WhatsApp.

"Aku mencintainya," katanya. Tak lama, percakapan WhatsApp itu menyebar di media sosial dan membuatnya dikecam. Lima orang dari kelompok Hindu garis keras bahkan menyambangi rumah perempuan berusia 20 tahun itu.

Mereka datang untuk memperingatkan orang tuanya. Di hari yang sama, Sabtu (7/1) perempuan itu bunuh diri. Dilansir BBC, Senin (9/1), kepolisian meningkatkan penyelidikan kasus yang awalnya tercatat sebagai bunuh diri.

Kepala kepolisian distrik Chikkamagaluru, K Annamalai mengatakan perempuan ini meninggalkan surat terakhir. Ia mengatakan orang-orang mengatainya buruk karena ia berfoto dengan pria tersebut. Perempuan ini juga mengatakan alasan bunuh diri karena lima orang datang ke rumahnya.

"Mereka komplain pada ibu saya karena saya jatuh cinta pada pria Muslim," katanya.

Annamalai mengatakan kini polisi telah menangkap satu orang dan mencari empat orang lain. Menurut kontributor BBC di India, Imran Qureshi, screenshots percakapan WhatsApp itu memang viral. Di dalamnya, sang teman menyarankan agar korban tidak berhubungan dengan pria beda agama.

"Tapi saya menyukai orang-orang Muslim, saya tidak menemukan apa pun yang salah dari mereka," kata perempuan itu.

Berhubungan dengan anggota komunitas agama lain pun menurutnya tidak salah. Annamalai menegaskan, siapa pun yang mengkritik perempuan ini baik melalui Facebook atau WhatsApp akan ditangkap.

"Kami yakin kejahatan ini jadi penyebab hilangnya nyawa seorang anak muda, kami akan menganggap ini sebagai masalah serius," kata dia.

Dalam beberapa tahun terakhir, India dilanda ketegangan hubungan antara Muslim dan Hindu. Kemunculan tuduhan 'Jihad Cinta' menjadi salah satu penyebabnya. Kelompok Hindu menganggap pria-pria Muslim melakukan konspirasi untuk mendekati perempuan-perempuan Hindu agar mereka pindah agama.

(Baca: Kriminalisasi Talak Tiga di India Rusak Ekonomi Perempuan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement