Kamis 18 Jan 2018 18:50 WIB

India Berhasil Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua

India sukses menguji coba rudal balistik dengan jarak tempuh lebih dari 5.000 kilometer

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Winda Destiana Putri
rudal balistik
Foto: BBC
rudal balistik

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- India berhasil menguji rudal balistik antarbenua miliknya pada Kamis (18/1). Rudal tersebut dilaporkan menempuh jarak lebih dari 5.000 kilometer.

"Kami telah berhasil meluncurkan rudal balistik bertenaga nuklir Agni-V hari ini," kata Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman, dilaporkan laman Anadolu Agency.

Sitharman mengungkapkan uji coba rudal balistik antarbenua ini dilakukan di sebuah pulau di Odisha, sebuah negara bagian India Timur di Teluk Benggala. Ini pertama kalinya rudal Agni-V diuji coba.

Sitharaman pun menguraikan detail rancangan rudalAgni-V yang baru saja diuji coba. Rudal Agni-V adalah versi terbaru dari serialrudal asli India, yakni Agni. Rudal Agni-V memiliki tinggi 17 meter dan lebar 2meter. Rudal ini disebut mampu membawa hulu ledak nuklir seberat 1,5 ton.

Rudal tersebut nantinya akan disimpan di gudang Komando Pasukan Strategis India. Komando ini merupakan bagian dari Otoritas Komando Nuklir negara yang bertanggung jawab atas pengelolaan persenjataan nuklir taktis dan strategis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement