Selasa 23 Jan 2018 16:04 WIB

Studi Sebut Perempuan Jadi Anggota Keluarga Paling Rumit

Perempuan dianggap orang paling diandalkan tapi juga paling mengganggu.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Gita Amanda
Perempuan bersedih. Ilustrasi
Foto: Allwomanstalk
Perempuan bersedih. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  KALIFORNIA -- Periset di Universitas Kalifornia, Berkeley dan Universitas Bar-Ilan di Israel, telah menemukan kebenaran yang tidak menyenangkan tentang anggota keluarga perempuan. Istri, saudara perempuan dan ibu lebih cenderung menjadi orang paling rumit dalam hidup.

Menurut sebuah survei terhadap 1.100 responden yang menggambarkan lebih dari 12 ribu hubungan. Perempuan dianggap sering merengek, mengomel dan memegang kendali dalam hubungan, namun penelitian tersebut mencatat bahwa itu untuk alasan yang baik.

"Pesannya di sini adalah bahwa, dengan saudara perempuan, ini bisa menjadi masalah dua sisi. Mereka mungkin orang yang paling Anda andalkan, tapi juga orang-orang yang paling mengganggumu," kata Claude Fischer, seorang penulis senior studi tersebut, dilansir dari laman Daily Mail, Selasa (23/1).
 
Ini menurut Fischer merupakan bukti keterlibatan mereka yang lebih dalam dalam ikatan sosial. Secara keseluruhan, responden mengatakan bahwa mereka menganggap sekitar 15 persen hubungan mereka menjadi rumit.
 
Saudara kandung, pasangan suami istri, orang tua dan kolega tua juga tergabung dalam kategori 'rumit', meski keluarga terdekat dianggap lebih menyebalkan. "Hasilnya menunjukkan bahwa orang rumit cenderung ditemukan dalam konteks di mana orang memiliki kebebasan untuk memilih rekan mereka," kata Shira Offer, penulis studi tersebut.
 
Data dikumpulkan sebagai bagian dari studi luas yang disebut University of California Social Networks Study, diluncurkan pada 2015. Studi bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan sosial masyarakat mempengaruhi kesehatan, dan kebahagiaan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement