Jumat 16 Feb 2018 07:43 WIB

Blokir Unggahan Oposisi, Instagram Penuhi Tuntutan Rusia

Video pertemuan miliarder Rusia dan wakil PM Rusia di kapal siar beredar.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Teguh Firmansyah
Instagram
Foto: pixabay
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON  -- Instagram telah memblokir sebuah unggahan yang terkait dengan klaim korupsi oleh tim oposisi Pemerintah Rusia.  Hal ini dilakukan akibat permintaan dari sensor internet pemerintah.

 

Kontroversi ini terjadi menyusul sebuah unggahan video yang dibuat oleh Navalny's Anti-corruption Foundation pekan lalu yang diduga menunjukkan gambar miliarder Oleg Deripaska bertemu dengan wakil Perdana Menteri Rusia Sergei Prikhodko di atas sebuah kapal pesiar.

Seperti dilansir dari BBC, Video bersurasi 25 menit itu telah ditonton lebih dari lima juta kali. Pihak Youtube sendiri belum memberikan komentar apapun untuk kasus ini.

Penyedia layanan internet lokal menyatakan tidak memiliki kemampuan untuk memblokir sebuah unggahan tertentu di Youtube maupun Instagram. Hal ini menyebabkan spekulasi bahwa Rusia Internet Service Provider (ISP) yang mungkin langsung memblokir layanan tersebut.

Beberapa ISP memang telah mengambil tindakan serupa terhadap situs milik Navalny untuk mematuhi peraturan regulator komunikasi Rusia, Roskomnadzor.

 

Pengawas tersebut bertindak setelah keputusan pengadilan minggu lalu menyatakan bahwa hak privasi Deripaska telah dilanggar dan Deripaska menyatakan tuduhan atas dirinya adalah salah dan keterlaluan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement