Ahad 18 Feb 2018 02:09 WIB

Gempa 4,4 SR Guncang Inggris

Gempa dirasakan masyarakat Inggris, khususnya di Cornwall hingga Liverpool.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Ratna Puspita
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Masyarakat Inggris khususnya yang berada di daerah Cornwall hingga Liverpool dilaporkan merasakan gempa pada Sabtu (17/2). Badan Geologi AS dan Inggris mengkonfirmasi gempa dengan kekuatan 4,4 SR terjadi pada pukul 14.31 waktu setempat.

Pusat Gempa berada di bagian utara Clydach, Wales, Inggris. Universitas Swasea dengan cepat melakukan evakuasi ketika terjadi gempa. Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai luka berat maupun luka ringan.

"Saya baru saja kembali dari bekerja dan memberi makan kucing saya sebelum duduk. Tiba-tiba dia melompat ke sofa dan terlihat ketakutan. Saat itulah terjadi gempa," papar David Carby, warga Llanedeyrn di Wales seperti dilansir dari laman Metro, Ahad (18/2).

"Saya merasa rumah bergoyang dan kedua anjing saya menjadi benar-benar gila, itu terlihat sangat menakutkan," kata Samira, warga Neath, Wales.

Kepolisian Wales Selatan mengkonfirmasi gempa terjadi di bagian Selatan Wales. Laporan gempa terasa di bagian selatan Wales, barat daya Inggris, Midlands Barat dan Timur Laut. Ilmuwan dari Pusat Seismologi Eropa dan Timur Tengah (EMSC) menggambarkan kejadian tersebut sebagai gempa yang kuat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement