Jumat 23 Feb 2018 03:09 WIB

Dokter di India Angkat Tumor Terbesar di Dunia

Pasien sudah hidup dengan tumor di kepalanya selama tiga tahun.

Rep: Sri Handayani/ Red: Indira Rezkisari
Ruang operasi/ilustrasi
Foto: pixabay
Ruang operasi/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MUMBAI -- Dokter di India berhasil mengangkat tumor otak seberat 1,8 kilogram (3,9 pon) dari seorang lelaki berusia 31 tahun. Tumor ini diklaim sebagai yang terbesar di dunia.

Operasi pengangkatan tumor itu dilakukan pada 14 Februari di Rumah Sakit Nair, sebelah barat kota Mumbai. Operasi itu berlangsung selama tujuh jam.

Para dokter itu belum bersedia mengumumkan bagaimana prosedur pengangkatan tumor tersebut. Hingga saat ini, mereka mengaku belum yakin bahwa operasi itu telah berhasil.

"Sekarang masih masa pemulihan, tapi dia sudah terbebas dari bahaya," kata Kepala Divisi Bedah Otak Trimurti Nadkarni kepada BBC.

BBC melaporkan, tumor itu tumbuh di kepala seorang penjaga toko bernama Santlal Pal. Pria yang berasal dari Uttar Pradesh utara ini telah hidup dengan tumor selama tiga tahun terakhir.

Akibat tumor ini, Pal kehilangan penglihatannya. Dokter berharap penglihatannya dapat kembali setelah pengangkatan tumor itu.

Kepada surat kabar The Hindu, seperti dikutip BBC, istri Pal mengatakan para dokter di tiga rumah sakit berbeda di Uttar Pradesh telah menyerah menghadapi kasus suaminya. Mereka mengatakan tumor itu tidak dapat dioperasi.

Nadkarni mengatakan, Pal membutuhkan 11 kantong darah selama dan setelah operasi. Ia terhubung dengan ventilator selama beberapa hari.

Beberapa media seperti New York Post, Washington Post, dan Foxnews mencatat angka yang lebih besar, yaitu 4 hingga 4,12 pon atau sekitar 2 hingga 2,6 kilogram. New York Post mencatat pengangkatan tumor terbesar di dunia sebelumnya hanya mencapai 3,08 pon atau 1,5 kilogram. Meida ini juga menyebut pembengkakan kulit kepala Pal mencapai 12 x 12 x 8 inci.

Foxnews menyebutkan, tumor di kepala Pal telah menyerang otak di kedua sisi garing tengah melalui tulang tengkoraknya. Besarnya pembengkakan yang terjadi membuat Pal seakan memiliki dua kepala. Tak heran, ia sering mengeluh kepalanya sakit dan terasa berat.

Ini bukan kali pertama dokter di India mengangkat tumor yang besar. Pada 2015, Daily Star mencatat para dokter di Max Super Speciality Hospital, New Delhi berhasil mengangkat tumor tulang seberat 55 kilogram dari kaki Gurmeet Singh. Tumor ini diangkat melalui empat kali operasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement