Rabu 14 Sep 2011 05:30 WIB

Vitaly Churkin: Rusia Mendukung Negara Merdeka Palestina

Vitaly Churkin
Foto: b92.net
Vitaly Churkin

REPUBLIKA.CO.ID,Duta Besar Rusia untuk PBB, Vitaly Churkin mengatakan, Moskow mendukung upaya Palestina untuk membentuk sebuah negara merdeka di Majelis Umum PBB. Churkin menuturkan pada Senin (12/9) bahwa Rusia akan memilih mendukung negara Palestina meskipun mendapat penentangan kuat dari rezim Zionis Israel dan Amerika Serikat.

"Kami tentu saja akan mendukung setiap usulan rakyat Palestina," tegas Churkin seperti dikutip kantor berita Interfax.

Dia, bagaimanapun, mengatakan bahwa negaranya tidak mendorong Palestina untuk menyerahkan pencalonan mereka di PBB, tetapi akan mendukung usulan itu jika terjadi pemungutan suara.

"Tapi saya harus mengatakan bahwa kita tidak mendorong mereka ke sana. Kami mengatakan bahwa apa pun yang Anda putuskan untuk melakukan, kami akan mendukung Anda," jelasnya.

Washington mengatakan akan memveto setiap upaya tersebut di Dewan Keamanan PBB. Namun, jika upaya itu dimentahkan di Dewan Keamanan, Palestina mengatakan mereka akan berpaling ke Majelis Umum PBB, di mana mereka diharapkan untuk dengan mudah memperoleh dukungan.

Sejauh ini, lebih dari 100 negara resmi mengakui Palestina sebagai negara berdaulat berdasarkan perbatasan tahun 1967. Sidang Majelis Umum PBB ke-66 pada tanggal 20 September mendatang, akan memberikan suara kepada negara Palestina. 

sumber : IRIB/RM
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement