Selasa 30 Sep 2014 13:10 WIB

Kapal Israel Ditolak Bongkar Muat di Pelabuhan AS

Israel
Israel

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Kapal peti kemas milik Israel yang dihambat membongkar muatannya di Pelabuhan Oakland oleh para pemrotes pro-Palestina akhir pekan lalu Senin bertolak ke Los Angeles,kata laman pengawas kapal itu.

Kapal Zim Shanghai meninggalkan Oakland dengan kargonya Ahad petang, kata laman marinetraffiic.com. Diperkirakan akan tiba di Los Angeles Selasa waktu setempat atau Rabu waktu Indonesia.

Sekitar 200 pengunjuk rasa yang marah terhadap serangan udara Israel di Jalur Gaza untuk menanggapi serangan roket Hamas melancarkan protes pada kapal Zim Shanghai di Pelabuhan Oakland Sabtu pagi dan pada petang hari.

Para anggota International Longshore and Warehouse Union (ILWU), mengatakan mereka mengancam secara fisik dan kendaraan-kendaraan mereka dihambat ketika berusaha melapor untuk bekerja, menolak pembongkaran muatan kapal itu.

"ILWU tidak termasuk di antara kelompok-kelompok yang melakukan protes dan kepemimpinan dan keanggotaan ILWU tidak berpihak dalam konflik Israel-Gaza, kata perhimpunan itu dalam satu pernyataan tertulis.

Wakil-wakil dari Zim International Shipping Lines tidak dapat dihubungi untuk diminta komentar Senin.

Seorang juru bicara bagi "Block the Boat" yang menyelenggarakan protes-protes terhadap kapal-kapal Zim di Pelabuhan Oakland pada waktu lalu, mengatakan organisasi itu tidak bertanggung jawab atas unjuk rasa akhir pekan lalu itu. Unjuk rasa itu dilakukan oleh satu kelompok individu, katanya.

Lebih dari 2.100 warga Palestina,sebagian besar sipil tewas dalam pertempuran 50 hari Juli dan Agustus, kata kementerian kesehatan Gaza. Sejumlah 67 tentara Israel dan enam warga sipil di negara itu juga tewas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement