Kamis 20 Nov 2014 23:41 WIB

Dubes Palestina: Israel Ubah Isu Politik Jadi Isu Agama

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agung Sasongko
Palestine Ambassador to Indonesia, Fariz Mehdawi
Foto: Republika/Prayogi
Palestine Ambassador to Indonesia, Fariz Mehdawi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Fariz Mehdawi menjelaskan konflik yang terjadi di Palestina ini merupakan masalah politik dan bukan masalah agama. Israel yang telah menargetkan tempat suci dalam beberapa terakhir ini menyebabkan masalah konflik bergeser menjadi isu agama.

"Mereka menargetkan tempat-tempat suci. Mereka ingin mengubah isu dari yang benar-benar isu politik menjadi isu agama. Jadi ini benar-benar merubah isu," jelasnya.

Fariz pun menilai konflik dengan Israel kali ini sangat sensitif karena mereka juga menargetkan sejumlah tempat suci seperti situs agama Islam dan Kristen. Fariz pun menegaskan Palestina akan tetap bertahan dan berjuang baik secara diplomatik dan politik memperjuangkan kepentingan Palestina dan warganya.

Tindakan Israel mencaplok tanah di Palestina bukanlah pertama kalinya dilakukan. Meskipun mendapatkan pertentangan dan kecaman dari berbagai negara, Israel pun masih tak menghiraukannya."Ini bukan pertama kali terjadi dan bukan hanya terjadi saat ini. Mereka membongkar bangunan, membangun rumah. Ini sunggah tidak bisa diterima, berdasarkan hukum internasional," kata Fariz.

Sebelumnya, Israel dilaporkan kembali merebut lahan Palestina di Tepi Barat serta membangun 78 permukiman baru. Tindakan Israel ini semakin memperpanas situasi setelah adanya ketegangan akibat serangan sinagog beberapa hari yang lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement