Selasa 27 Jan 2015 07:50 WIB

Presiden Iran: Akar Permasalahan di Timur Tengah Adalah Aksi Israel

Rep: C84/ Red: Citra Listya Rini
Hassan Rouhani
Foto: Reuters
Hassan Rouhani

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Presiden Iran Hassan Rouhani mengutuk kejahatan yang dilakukan oleh Israel terhadap rakyat Palestina. Pun, ia menyebut pendudukan Israel di wilayah Palestina adalah akar penyebab dari semua masalah-masalah regional.

"Kami percaya bahwa akar penyebab masalah di wilayah ini adalah aksi Israel yang merebut wilayah Palestina," kata Rouhani dalam pertemuan dengan Duta Besar Yordania untuk Teheran, Abdullah Suleiman Abu Abdullah Romman, Senin (26/1).

Rouhani menekankan kejahatan Zionis dan agresi yang terus menerus dilakukan Pemerintah Israel dikutuk oleh opini publik dunia. "Republik Islam tujuan Iran adalah (pembentukan) stabilitas dan keamanan di Timur Tengah dan penyelesaian masalah Palestina untuk mengembalikan pengungsi Palestina ke tanah air mereka," ujarnya, seperti dilansir Fars News, Selasa (27/1).

Untuk itu, Rouhani menekankan kepada Iran, Yordania, serta negara-negara lain untuk memperkuat hubungannya dalam mengatasi setiap persoalan di Timur Tengah. "Kedua negara sangat penting untuk kawasan Timur Tengah dan stabilitas kawasan ini penting untuk kita semua," sambungnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement