Rabu 27 May 2015 16:15 WIB

Dua Target Serangan Israel di Gaza

Rep: c07/ Red: Agung Sasongko
Serangan Israel ke Gaza.
Foto: Abdullah Onim
Serangan Israel ke Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Israel kembali melakukan serangan udara ke wilayah Gaza pada Rabu (27/5) pagi. Serangan udara tersebut merupakan balasan kepada roket dari wilayah Gaza jatuh di dekat kota pelabuhan Ashdod, Israel pada Selasa (26/5) kemarin.

Militer Israel mengklaim serangan udara mereka mengenai empat infrastruktur di wilayah jalur Gaza bagian Selatan. Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan ataupun korban jiwa akibat serangan tersebut. "Serangan ini merupakan respons langsung kepada Hamas atas agresinya terhadap warga sipil Israel yang berasal dari Jalur Gaza," ujar juru bicara militer Israel, Letnan Kolonel Peter Lerner, Rabu (27/5).

Menurutnya, wilayah Hamas digunakan sebagai tempat perencanaan untuk menyerang Israel. Hal tersebut tidak dapat diterima dan ditoleransi, sehingga Hamas harus menanggung konsekuensinya,

Menurut pengakuan warga Gaza, rudal dari militer Israel itu menyasar beberapa lokasi di jalur Gaza, termasuk beberapa lokasi yang biasa digunakan sebagai kamp pelatihan oleh militan setempat. Lokasi itu sempat menjadi area permukiman Israel sebelum akhirnya Israel menarik diri dari Gaza pada tahun 2005.

Adapun, serangan roket dari Gaza merupakan serangan roket yang terjauh dari militan Gaza sejak gencatan senjata kedua pihak disepakati tahun lalu. Belum ada pihak maupun kelompok di Gaza yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan roket ke wilayah Israel pada Selasa. Namun Israel meyakini serangan roket itu berasal dari Hamas yang menguasai Gaza.

Seorang pejabat Hamas dengan syarat anonim membenarkan ada satu roket ditembakkan ke Israel pada Selasa (26/5) malam, namun tidak jelas siapa yang menembakkannya. Secara terpisah, relawan Indonesia di Gaza, Abdullah Onim melaporkan serangan Israel terbagi menjadi dua sasaran. Sasaran pertama, lahan pertanian di Rafah.

"Lahan pertanian itu diserang dua roket," kata Onim, dalam pesan singkat yang diterima ROL, Rabu (27/5)

Sasaran kedua, kamp militer jihad Islami Gaza Selatan. Kawasan ini diserang lima roket dari pesawat jet F-16 militer Israel. "Hingga detik ini, pesawat jet Israel secara rutin berpatroli di atas langit Gaza," kata Onim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement