Selasa 17 Jan 2017 14:08 WIB

Pejuang Palestina: Terowongan Kami, Istana Kami!

Terowongan Gaza-Israel yang dibangun pejuang Palestina.
Foto: AP
Terowongan Gaza-Israel yang dibangun pejuang Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, Gaza -- Stasiun TV resmi milik Pemerintah Palestina merilis program acara yang mengungkapkan 'rahasia' dibalik kemenangan pejuang Palestina.  Adalah terowongan rahasia yang dibangun sejak pecah perang di Jalur Gaza, menjadi kunci kemenangan mereka. Namun, krisis listrik yang melanda wilayah Gaza, menjadikan 'kota di dalam tanah' tersebut ikut merasakan dampaknya.

Situs paltimes.net, Selasa melansir, bahwa blokade Israel atas Gaza menyebabkan pejuang Palestina memilih strategi membangun terowongan bawah tanah guna menyambung hidup rakyat Palestina di Jalur Gaza. Bahkan, dari terowongan pejuang Palestina inilah, sebanyak 1.029 tahanan Palestina dibebaskan pada 2011. Dan pada 2014, Hamas berhasil menculik tiga prajurit Israel dan membunuh 10 lainnya.

Salah seorang aktivis dan penulis Palestina, Mu’in Shiyam menyebutkan, bahwa sangatlah tepat saat pejuang Palestina menyebut #TerowonganKami_IstanaKami!. Karena dari terowongan itulah kemuliaan (izzah) rakyat Palestina dan ummat Islam bangkit. Pekerjaan terberat selama ini adalah membangun ratusan kilometer 'kota bawah tanah' yang digunakan untuk aktivitas perjuangan melawan Israel.

sumber : suarapalestina.id/spna
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement