Rabu 02 Aug 2017 09:16 WIB
Kebanyakan orang Yahudi saat ini bukan dari Kanaan, tapi Khazaria.

Dr Oz, Yahudi, dan Tes DNA

Israel
Israel

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Harun Husein *)

 

Kenal Dr Oz? Dokter ahli bedah yang nama lengkapnya Mehmet Cengiz Oz, ini beb e ra pa kali muncul pada acara Oprah Winfrey Show dan Larry King Show. Dia adalah seorang Muslim Amerika.

Tapi, setelah dilakukan tes DNA terhadapnya, asal usul nenek mo yangnya ternyata sama dengan Mike Nichols, seorang Yahudi Amerika. Informasi tersebut tak pelak membuat Dr Oz terkesima.

Mimik tersebut terlihat jelas pada video berjudul DNA Testing for Jew and Mus lim, yang diunggah di situs berbagi videoYoutube. “Bukti genetik ini mengonfirmasi cerita Biblikal yang menyatakan Muslim dan Yahudi berasal dari leluhur yang sama, yaitu Ibrahim, Ismail, dan Ishak,” papar host acara tersebut kepada Dr Oz.

Menurut penelusuran Republika, video pendek ini berasal dari program The Faces of America yang diproduksi Public Broadcasting Service (PBS), jaringan televisi nonprofit di Amerika, yang beranggotakan lebih dari 300 stasiun televisi.

Program ini menelusuri latar belakang dan sejarah keluarga sejumlah orang terkenal Amerika, secara genetika. Tentang siapa mereka, dan dari mana mereka sebenarnya berasal. Ada 12 orang yang ditelusuri asal-usulnya dalam acara yang ditayangkan berseri pada 10 Februari hingga 3 Maret 2010 itu.

Baca juga, Ini Skenario Penghancuran Masjid Al-Aqsha.

Selain Dr Oz, orang beken Amerika lainnya yang jadi sampel adalah Elizabeth Alexander, Mario Batali, Step hen Colbert, Louise Erdrich, Malcolm Gladwell, Eva Longoria, Yo-Yo Ma, Mike Nichols, Queen No or of Jordan, Meryl Streep, dan Kristi Yamaguchi.

Untuk keperluan penelusuran itu, PBS bekerja sama dengan 23andMe, sebuah perusahaan bioteknologi terkemuka di Amerika, yang test kit genome-nya dikukuhkan sebagai ‘te

muan tahun ini’ oleh majalah Time pada 2008 lalu.

Yang menjadi host acara ini pun bukan orang sembarangan, tapi seorang profesor jebolan Harvard, yaitu Henry Louis Gates Jr. Mike Nichols yang berbagi silsilah nenek moyang yang sama dengan Dr Oz, adalah seorang produser dan sutradara beken peraih Oscar.

Masing-masing orang tuanya adalah Yahudi Jerman dan Yahudi Rusia. Salah satu film terkenal Mike adalah Charlie Wilson’s War , yang berkisah soal sepak terjang senator Amerika membantu Muslim Afghanistan melawan invasi Soviet. Film ini dibintangi aktor kawakan, Tom Hanks.

Lalu, apa komentar Dr Oz terhadap kesa ma an tersebut? “Surprise. Bagi saya, jenis  in for ma si seperti ini bisa mengubah dunia, agar Mus lim dan Yahudi mengenal diri mereka, betapa dekatnya mereka,” kata pemandu acara Dr Oz Show di salah satu stasiun televisi Paman Sam, itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement