Rabu 02 Aug 2017 09:16 WIB
Kebanyakan orang Yahudi saat ini bukan dari Kanaan, tapi Khazaria.

Dr Oz, Yahudi, dan Tes DNA

Israel
Orang Yahudi dan bendera AS.ilustrasi

Sepintas, tak ada masalah pada video tersebut. Kitab suci dan catatan sejarah memang mengabarkan bahwa orang Arab Muslim dan orang Yahudi mempunyai leluhur yang sama. Ada yang men-trace kesamaan leluhur tersebut sejak era generasi pertama keturunan Nabi Nuh.

Bahwa, orang Arab dan Yahudi merupakan keturunan Shem, salah satu anak Nabi Nuh. Dari sinilah muncul istilah bangsa She mi tic, yang dinisbatkan kepada orang Arab dan Yahudi. Jika informasi genealogi sejak era anakanak Nuh itu sedikit kabur, masih ada informasi lain yang sangat terang benderang: orang Yahudi dan orang Arab merupakan keturunan Nabi Ibrahim. Ibrahim atau Abraham adalah figur yang sangat dihormati Muslim, Yahudi, dan Nasrani.

Orang Yahudi adalah keturunan Ibrahim dari garis Nabi Ishak dan Nabi Ya’kub (Israel). Sedangkan, orang Arab keturunan Ibrahim dari garis Nabi Ismail. Nah, di sinilah menariknya. Jika memang Dr Oz memiliki kesamaan asal-usul genetika dengan Yahudi, dia pasti juga keturunan para nabi suci tersebut.

Dan, dia pasti berdarah salah satu di antara keduanya, entah Arab atau Yahudi. Tapi,  tunggu dulu. Ternyata, Dr Oz bukan orang Arab, juga bu kan Yahudi. Pria yang lahir di Cleveland, Ohio, ini, justru beretnis Turki. Nama Mehmet yang disandangnya merupakan transli terasi Muhammad dalam bahasa Turki.

Ayah-ibunya, Mus tafa Oz dan Suna, berasal dari Konya, salah satu provinsi di Turki, yang juga merupakan markas sufi terkenal, Jalaluddin Rumi dan Nasruddin Hoja. Jika mengacu pada informasi Biblikal dan elaborasi para sejarawan, bangsa Turki bukanlah keturunan Shem, tapi keturunan anak Nabi Nuh yang lain, yaitu Japeth. Nabi Nuh mempunyai tiga orang anak, yaitu Japeth, Shem, dan Ham, yang masing-masing menjadi bapak dari bangsa-bangsa di dunia.

Lalu, kalau demikian, bagaimana mungkin asal usul genetik Dr Oz bisa sama dengan orang Yahudi, kalau trace genetiknya tidak sampai kepada anak-anak Nabi Nuh? Di sinilah poinnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement