Ahad 06 Aug 2017 21:23 WIB

Nelayan Palestina Diberondong Tembakkan Israel di Gaza

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Andi Nur Aminah
Tim SAR Palestina mengevakuasi warga di Kamp Pengungsi Jabaliya di utara Jalur Gaza, Kamis (16/2).
Foto: Khalil Hamra/AP
Tim SAR Palestina mengevakuasi warga di Kamp Pengungsi Jabaliya di utara Jalur Gaza, Kamis (16/2).

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Pasukan Angkatan Laut Israel melepaskan tembakan ke arah nelayan Palestina yang tengah melaut di lepas pantai Beit Lahiya, Jalur Gaza Utara, Ahad (6/8) pagi waktu setempat. Ini merupakan keseekian kalinya tentara Israel menembak nelayan Palestina yang mencoba melaut atau mencari ikan.

Dilaporkan laman Middle East Monitor, seorang saksi mata yang melihat kejadian tersebut mengatakan kapal nelayan Palestina memang sedang melaut di lepas pantai Beit Lahiya. Namun nelayan terpaksa melarikan diri dan memutar haluan ketika pasukan Israel melepaskan tembakkan ke arah mereka. Dilaporkan, tidak ada korban jiwa akibat insiden tersebut.

Seorang juru bicara militer Israel membantah kabar adanya penembakkan terhadap para nelayan Palestina. Ia mengklaim bahwa tentara yang bertugas tidak mengetahui adanya insiden penembakkan.

Militer Israel kerap kali menahan dan menembak kapal nelayan Palestina bila mereka mulai mendekati wilayah perbatasan Gaza-Israel atau zona penyangga. Seorang nelayan Palestina telah menjadi korban tewas aksi penembakkan oleh tentara Israel.

Ketakutan akibat hal itu menyebabkan segelintir nelayan Palestina mulai khawatir ketika hendak melaut. Pembatasan yang dilakukan oleh Israel juga telah menyebabkan bisnis perikanan mereka mandek dan tak bergerak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement