Kamis 26 May 2011 15:29 WIB

Buka Perlintasan Rafah, Mesir Dipuji Hamas

REPUBLIKA.CO.IDGAZA - Gerakan perlawanan Hamas menyambut baik kebijakan pemerintah Mesir membuka perlintasan Rafah secara permanen demi memudahkan lalu lintas warga Palestina. Mesir rencananya akan mulai membuka pintu perbatasan Rafah pada Sabtu (28/5).

Dalam keteranganya dari biro informasi yang dilansir pusat informasi Palestina, Hamas menyebutkan bahwa gerakan Hamas menyambut baik dan sangat menghargai kebijakan pemerintah Mesir untuk membuka perlintasan Rafah secara permanen. Hamas menyebut kebijakan tersebut sebagai implementasi dari semangat revolusi Mesir. 

''Kebijana ini juga menunjukan sejauh mana hubungan persaudaraan rakyat Palestina dan Mesir yang mulai menampakkan peranya terhadap masalah Palestina,'' tulis pernyataan Hamas.

Hamas menganggap keputusan tersebut sebagai inisiatif yang berani dari Mesir untuk menghapuskan blokade Gaza yang telah menyengsarakan rakyat Palestina selama beberapa tahun terakhir. ''Kami berharap langkah ini menjadi jembatan bagi terciptanya kerja sama dan dukungan terhadap rakyat Palestina dalam upaya memperolah hak-haknya kembali,'' katanya.

Pemerintah Mesir memutuskan untuk membuka perlintasan Rafah secara permanen mulai Sabtu (28/5). Kecuali pada hari Jum’at dan hari-hari besar lainya, pintu perbatasan akan dibuka mulai jam 9 pagi hingga jam lima sore. Dalam pernyatanya, pejabat Mesir mengatakan bahwa kebijakan ini diambil untuk memudahkan lalu lintas pergerakan warga Palestina melalui Mesir.

sumber : www.infopalestina.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement