Senin , 21 August 2017, 07:52 WIB

ICMI Ajak Masyarakat Menonton Konser Amal Peduli Palestina

Red: Bilal Ramadhan
AP
Polisi Israel berjaga-jaga saat warga Palestina melaksanakan shalat Jumat di luar Gerbang Lion di Kota Tua Yerusalem, Jumat (21/7).
Polisi Israel berjaga-jaga saat warga Palestina melaksanakan shalat Jumat di luar Gerbang Lion di Kota Tua Yerusalem, Jumat (21/7).

REPUBLIKA.CO.ID, BATURAJA -- Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan bekerja sama dengan Aliansi Rohis Baturaja mengajak warga setempat menonton konser amal peduli Palestina dengan tema "Dari Baturaja untuk Al Aqsa" di Palestina. Sekretaris Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Ogan Komering Ulu (OKU), Hasan HD, di Baturaja, menjelaskan, saat konser amal nanti, pihaknya akan mendatangkan grup Nashid Shoutuo Barokah.

"Rencananya konser tersebut akan dilaksanakan di Gedung Olah Raga Baturaja, 26 Agustus 2017 sekitar pukul 07.00 WIB," katanya, Ahad (20/8).

Selain konser, beragam kegiatan juga akan dilakukan seperti parade nasyid, musikalisasi puisi teatrikal dan bazar. Ia berharap, masyarakat OKU bisa menghadiri acara konser gratis, dan penggalangan dana ini semata untuk membantu saudara di Palestina.

Menurut dia, timbulnya ide ini sendiri merupakan panggilan hati yang miris melihat masjid Al Aqso, kiblat pertama umat Islam yang diserang Israel. "Alhamdulillah adik-adik dari gabungan Rohis ini meminta kepedulian kita untuk sumbangsih terhadap kondisi di Al Aqso. Nah, timbulah ide upaya penggalangan dana dalam bentuk konser," katanya.

Pada awalnya, kata dia, kebingungan dari mana untuk adakan konser. Tapi, Alhamdulillah group nashid Shoutul Barokah bersedia tidak dibayar untuk kegiatan konser nanti. Sementara koordinator acara Tanti menambahkan, pihaknya sebelum konser ini telah melakukan roodshow penggalangan dana ke sekolah-sekolah bekerja sama dengan Aliansi Rohis Baturaja (Aroba).

Pihaknya akan kembali melakukan penggalangan dana dengan mengajak seluruh majelis taklim serta beberapa organisasi Islam di Baturaja. Bahkan, rencananya juga akan mendatangi pesantren-pesantren yang ada di OKU.

"Sudah ada beberapa majelis taklim dan organisasi yang siap membantu penggalangan dana," kata Tanti.

Selain ingin membantu saudara di Palestina dan membebaskan masjid Al Aqsa dari kebiadaban zionis Israel, pihaknya juga ingin menanamkan edukasi terhadap masyarakat khususnya generasi muda untuk peduli sesama muslim. Terlebih lagi Masjid Al Aqsa merupakan kiblat pertama umat muslim.

"Terlepas acara puncak nanti kita ingin tanaman edukasi ke generasi muda untuk saling membantu," katanya.

Ia menambahkan, penggalangan dana sudah dimulai jauh hari pada tiga titik, yakni di Palembang, Prabumulih serta Baturaja yang ditargetkan tiap titik terkumpul dana Rp 50 juta, dan setelah terkumpul nanti akan langsung ditransfer ke Akquds Volunteer Internasional (AVI).

Sumber : Antara