Senin , 11 September 2017, 15:12 WIB

Dentuman Jet Israel di Lebanon Selatan Sebabkan Kerusakan

Red: Agus Yulianto
irib
Jet tempur Israel melancarkan empat serangan udara ke Jalur Gaza
Jet tempur Israel melancarkan empat serangan udara ke Jalur Gaza

REPUBLIKA.CO.ID, Beirut -- Pesawat jet Israel terbang rendah di atas kota Saida, Lebanon selatan pada Ahad (10/9), menyebabkan dentuman kuat yang memecahkan jendela dan mengguncang bangunan untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, kata sumber keamanan dan warga sekitar.

Pesawat tempur Israel sering memasuki wilayah udara Lebanon, kata militer Lebanon, namun jarang melakukan terbang rendah. Militer Israel tidak segera memberi tanggapan atas peristiwa itu.

"Dentuman keras tersebut juga menyebabkan kepanikan di Saida," kata warga sekitar.

Ketegangan meningkat antara kelompok Hizbullah Lebanon dan Israel, yang terakhir bertempur dalam perang pada 2006. Hizbullah telah mengurangi kemungkinan terjadinya kemelut lanjutan, namun memperingatkan hal tersebut bisa saja terjadi di wilayah Israel, dan mengatakan, bahwa roketnya dapat menyasar wilayah mana pun di Israel.

Kepala angkatan udara Israel mengatakan, akan mengerahkan seluruh kekuatan dalam perang yang mungkin dapat terjadi di masa mendatang dengan Hizbullah. Perang pada 2006 telah menewaskan 1.200 penduduk Lebanon, kebanyakan dari mereka adalah warga sipil dan 160 penduduk Israel, yang kebanyakan adalah tentara.







Sumber : Antara/Reuters