Kamis 01 Mar 2012 22:47 WIB

Uni Eropa Desak Israel Buka Blokade Gaza

Seruan akhiri blokade Gaza
Foto: theepochtimes
Seruan akhiri blokade Gaza

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Kepala Misi Uni Eropa di timur al-Quds (Yerusalem) dan kota Ramallah, menyeru Israel untuk mengakhiri blokade atas Jalur Gaza.

Dalam kunjungan pertama mereka ke Gaza pada tahun 2012, misi Uni Eropa baru-baru ini bertemu dengan delegasi dari organisasi internasional, masyarakat sipil, perempuan, dan sektor swasta. Mereka juga bertemu dengan perwakilan dari komunitas nelayan Gaza di pelabuhan dan mengunjungi proyek yang didanai oleh Uni Eropa dan negara anggotanya.

Setelah kunjungan tersebut, mereka menyerukan upaya-upaya lebih lanjut dan tindakan untuk mencapai perubahan mendasar dalam kebijakan Israel yang memungkinkan untuk rekonstruksi dan pemulihan ekonomi di Jalur Gaza, termasuk menghidupkan kembali aktivitas ekspor.

"Uni Eropa menegaskan kembali seruannya untuk pembukaan langsung, berkelanjutan, dan tanpa syarat atas jalur penyeberangan bagi aliran bantuan kemanusiaan, barang komersial, dan warga ke dan dari Gaza", pernyataan tersebut menambahkan.

Denmark, Belgia dan Swedia menandatangani perjanjian untuk pengoperasian kantor konsuler bersama Uni Eropa di Gaza.

Israel memberlakukan blokade di Jalur Gaza pada Juni 2007 setelah gerakan Hamas yang terpilih secara demokratis, mengambil alih pemerintahan di wilayah itu. Tindakan brutal ini berdampak buruk pada situasi kemanusiaan dan ekonomi di Gaza dan telah mengubah kawasan itu menjadi penjara terbesar di dunia.

sumber : IRIB
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement