Jumat 31 Aug 2012 06:14 WIB

Bangun Kuil, Israel Gali Kawasan Al-Aqsha

Bendera Israel di kompleks Masjid Al-Aqsha
Bendera Israel di kompleks Masjid Al-Aqsha

REPUBLIKA.CO.ID, Yayasan Wakaf Al-Aqsha menyatakan, Israel lewat otoritas arkeoliginya dan Asosiasi Pemukiman Elad, baru-baru ini mulai melakukan penggalian secara luas di kawasan Istana Umawiyah Selatan Al-Aqsha, tepatnya di sudut tenggara.

Dalam keterangan persnya, piahk yayasan menyebutkan, saat melakukan kunjungan lapangan Kamis ini, terlihat puluhan penggalian dilakukan pihak Israel di kawasan Istana Umawiyah, di bagian lantai dan dinding, dan mengosongkan kawasan dari tanah dan bebatuan yang ditaruh di karung-karung pelastik, kemudian diangkut ke suatu tempat, seperti diceritakan oleh saksi mata.

Yayasan menambahkan, kawasan ditutup dengan penghalang dan dilarang masuk kecuali yang berkepentingan. Juga dibangun tangga kayu untuk melakukan perpindahan di antara ruang penggalian. Di kawasan ini terlihat para arsitektur yang sedang melakukan kerja arsitek terkait penggalian ini.

Menurut informasi yang didapat Yayasan Al-Aqsha, Israel berupaya merobohkan sisa-sisa bangunan Istana Umawiyah dan mengalihkannya menjadi rangka kuil dan menganggapnya sebagai bagian dari taman taurat yang berada di sekitar Masjidil Aqsha. Israel juga berupaya menguasai pekuburan Bab Rahmah. Penggalian dilakukan sangat dekat dengan sudut Timur Masjidil Aqsha, serta pekuburan Rahmah. Sebelumnya Israel telah merencanakan menyita pekuburan ini untuk dialihkan menjadi taman taurat. Dalam rencana ini Israel melarang kaum muslimin menguburkan jenazah di bagian tenggara dari pekuburan Rahmah.

Yayasan Al-Aqsha menyebutkan adanya rencana penggalian terowongan dari arah Selatan di luar Masjidil Aqsha, yang termasuk dalam kawasan istana Umawiyah, yaitu untuk tangga bangunan kuil, yang saat itu diresmikan oleh PM Israel Ehud Barak. Penggalian terowongan tersebut sangat membahayakan Masjidil Aqsha baik saat ini maupun akan datang, dalam rangkaian proyek besar yahudisasi kawasan Masjidil Aqsha untuk membangun kuil mitos yang diklaim Israel.

sumber : infopalestina
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement