Jumat 08 Dec 2017 12:29 WIB

Wapres AS Ditolak Masuk Palestina

Rep: Rizkian Adiyudha/ Red: Budi Raharjo
Wapres AS Mike Pence
Foto: AP
Wapres AS Mike Pence

REPUBLIKA.CO.ID,YERUSALEM -- Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence ditolak masuk ke wilayah Palestina. Pence sedianya akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Palestina, Israel dan Mesir pada pertengahan Desember nanti.

Seperi dinukil laman BBC, Jumat (8/12) anggota senior dari partai Fattah Jibril Rajoub mengatakan, Pence tidak akan diterima di tanah Palestina. Dia menegaskan, pertemuan dengan kepala negara pun tidak akan terjadi.

Meski demikian, sumber dari gedung putih mengatakan, Mike Pence tetap ingin melangsungkan pertemuan yang telah direncanakan itu. Pence berpendapat, batalnya pertemuan tersebut akan menjadi sesuatu hal yang kontraproduktif.

Hingga saat ini Presiden Palestina Mahmoud Abbas belum memberikan komentar terkait masalah tersebut. Penolakan Pence oleh Palestina dilakukan menyusul penetapan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Terkait hal tersebut, kelompok Hamas lantas menyerakan intifadah (perlawanan rakyat) menentang keputusan tersebut. "Kita harus melakukan intifada untuk menghadapi Zionis," kata Ketua Hamas Ismail Haniyeh.

Sementara, gelombang protes yang terjadi di jalur Gaza dan Tepi Barat sedikitnya melukai 31 warga Palestina. Mereka terluka akibat tembakan peluru karet menyusul bentrok dengan militer Israel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement