Sabtu 16 Dec 2017 14:00 WIB

Shalat Subuh Berjamaah Awali Aksi Bela Palestina Ahad Besok

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Budi Raharjo
Shalat subuh berjamaah di Lapangan Monas, Jakarta. (ilustrasi)
Foto: Republika/Ali Mansur
Shalat subuh berjamaah di Lapangan Monas, Jakarta. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Cholil Nafis, mengatakan pihaknya telah melakukan persiapan untuk aksi Bela Palestina yang akan digelar besok Ahad (17/12). Cholil, yang juga berperan sebagai koordinator lapangan untuk Aksi 1712, mengatakan pihaknya telah mempersiapkan antisipasi kebutuhan seperti MCK, dokter atau petugas medis, dan pengamanan.

Menurutnya, panitia aksi bekerja sama dengan beberapa rumah sakit yang terdekat dari Monas dan teman-teman yang menjadi relawan kesehatan. Terkait pengamanan, ia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Dalam hal ini, polisi sudah menyiapkan pengamanan untuk mengantisipasi kemungkinan yang tak terduga maupun yang terduga dalam kerumunan massa besok.

"Persiapan sudah semakin matang. Besok kita shalat Subuh di Istiqlal atau sekitar lapangan Monas, pukul 06.00 kita mulai aksi. Pukul 11.00 sudah selesai. Insya Allah sebelum dzuhur aksi sudah selesai," kata Cholil, saat dihubungi Republika, Sabtu (16/12).

Ia mengatakan, diperkirakan akan ada jutaan massa yang akan mengikuti aksi 1712 besok. Sejauh ini, menurutnya, sudah banyak organisasi masyarakat (ormas) yang mendaftar. Jumlah peserta aksi menurutnya kemungkinan akan bertambah, karena terdapat pula peserta yang akan datang secara individu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement