Sabtu 16 Dec 2017 17:16 WIB

Sore Ini, Belum Ada Tanda-Tanda Peserta Aksi 1712 di Istiqlal

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Budi Raharjo
Peziarah ramai mengunjungi Masjid Istiqlal Sabtu (16/12).
Foto: Fergi Nadira
Peziarah ramai mengunjungi Masjid Istiqlal Sabtu (16/12).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Aksi Bela Palestina 1712 akan digelar Ahad besok. Di Istiqlal belum terlihat peserta aksi yang akan mengikuti perhelatan tersebut. Hanya orang-orang yang akan berwisata saja yang ramai memenuhi masjid Istiqlal.

Kordinator lapangan masjid Istiklal yang ditunjuk oleh masyarakat setempat, Coey Lian Han sudah bersiap untuk mengamankan wilayah Mesjid Istiqlal sampai Monumen Nasional (Monas) Jakarta untuk aksi 1712 yang di mulai dari Sholat Shubuh berjamaah.

Aksi 1712 menurut koordinator acara dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan di gelar di sisi utara Monas dengan membangun panggung untuk berorasi. Coey Lina Han akan berada di sisi depan panggung untuk mengamankan umat yang sedang tenang mendengarkan orasi.

"Saya menjaga di bagian depan. Semua koordinasi sudah siap untuk aksi besok," ujarnya di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (16/17).

Meskipun begitu pantauan Republika belum terlihat adanya peserta aksi bela Palestina, posko-posko kesehatan, kebersihan, atau pun keamanan juga belum terpasang di masjid Istiqlal.

Menurut Ahmad Jundullah, nama Islam Coey yang baru memasuki agama Islam Lima bulan lalu, ia juga mengajak masyarakat di luar Islam. "Karena ini juga merupakan hal kemanusiaan. Jadi kita sama-sama membela Palestina," ujarnya.

Sementara itu terlihat seorang Bapak yang enggan disebutkan namanya menjual berbagai asesoris untuk aksi besok. Aksesoris berupa bendera Palestina, dan syal putih dan hitam bertuliskan AKSI BELA PALESTINA, SAVE PALESTINA diperjajakkan keliling Masjid Istiqlal olehnya. Iamengakui baru beberapa psc dagangannya laku terjual dan berharap besok akan habis terjual oleh peserta aksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement