Senin 18 Dec 2017 11:07 WIB

Tahun Ini Baznas Himpun Rp 3 Miliar untuk Palestina

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani
Massa memadati kawasan Monumen Nasional (Monas) saat Aksi Bela Palestina di Jakarta, Ahad (17/12).
Foto: Republika/Prayogi
Massa memadati kawasan Monumen Nasional (Monas) saat Aksi Bela Palestina di Jakarta, Ahad (17/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengajak gerakan Zakat di Indonesia untuk turut membantu perjuangan rakyat Palestina dalam mempertahankan Masjid Al Aqsha. Sebab Masjid Al Aqsha menjadi simbol umat Muslim dunia di Kota Yerusalem.

"Sebagai bentuk kepedulian terhadap perjuangan rakyat Palestina mempertahankan Kota Yerusalem, Baznas mengajak gerakan zakat untuk memberikan bantuan," kata Deputi Baznas, Arifin Purwakananta melalui keterangan tertulis kepada Republika, Ahad (17/12).

Arifin menerangkan, sejak tahun 2009, Baznas mengirimkan bantuan kepada rakyat Palestina dengan menempuh berbagai jalur. Tahun 2017 telah terkumpul dana dari Baznas di berbagai daerah di Indonesia serta dari institusi-institusi di bawah Kementerian Agama sebesar Rp 3 Miliar untuk disalurkan ke Palestina.

"Jumlah tersebut merupakan bukti kecintaan umat Muslim di Indonesia kepada saudara-saudaranya di Palestina yang sepanjang hidup harus berjuang mempertahankan harga diri Islam dari penjajahan," ujarnya.

Ia mengatakan, bantuan untuk Palestina dapat berupa dukungan moral dengan berkontribusi dalam aksi kepedulian yang dipimpin langsung oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Monas. Selain itu, gerakan zakat juga diharapkan dapat melakukan penggalangan dana untuk rakyat Palestina dengan melakukan kampanye pada masing-masing lembaga.

Kemarin, Baznas membuka posko layanan bagi peserta Aksi Bela Palestina di sekitar Monas. Di posko tersebut, para peserta aksi dapat memanfaatkan layanan medis, air minum dan mengisi ulang baterai ponsel. Selain itu, posko ini juga melayani pengaduan orang hilang dan dapat dimanfaatkan menjadi tempat istirahat sejenak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement