Ahad 01 May 2016 05:55 WIB

Sejarah Hari Ini: Usamah bin Laden Tewas Ditembak di Kepala

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Usamah bin Laden
Foto: AP
Usamah bin Laden

REPUBLIKA.CO.ID, Usamah bin Laden merupakan pemimpin Alqaidah yang tewas dalam baku tembak dengan pasukan Amerika Serikat di Pakistan. Konfirmasi kematian ini disampaikan Presiden AS Barack Obama 1 Mei 2011 di Ruang Timur Gedung Putih.

Dalam penampilannya larut malam tersebut, Obama mengatakan Bin Laden yang telah menghindari AS selama hampir satu dekade terpojok di bawah militer dan CIA dan ditembak di kepala. Jasad Bin Laden dimakamkan di laut.

Berita tersebut memicu emosi luar biasa. Orang-orang berkumpul di luar Gedung Putih, di Times Square dan di Ground Zero. Mereka suka cita melambaikan bendera Amerika, bersorak, berteriak, tertawa dan bernyanyi. Sepanjang pusat kota Washington, pengemudi membunyikan klakson yang meramaikan malam.

AS menganggap kematian Bin Laden sangat menentukan dalam perjuangan melawan terorisme. Selama bertahun-tahun, AS gagal menemukan pemimpin Alqaidah tersebut dan mengatakan Bin Laden lebih penting daripada operasi signifikan yang selama ini dilakukan. Bin Laden dianggap sebagai simbol yang dapat menggoyahkan kelompoknya.

Selanjutnya: Empire State Building, Mantan Gedung Tertinggi Dunia, Diresmikan

sumber : History, New York Times
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement