Jumat 20 May 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Penjelajah Italia Christopher Columbus Meninggal

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Christopher Columbus
Foto: dailymail
Christopher Columbus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 20 Mei 1506, penjelajah Italia Christopher Columbus meninggal di Valladolid, Spanyol. Columbus adalah orang Eropa pertama yang menjelajah Amerika sejak Viking mengatur koloni di Greenland dan Newfoundland pada abad ke-10.

Ia telah menjelajahi Hindia Barat, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Ia meninggal dalam kekecewaan setelah dianiaya pelindungnya, Raja Ferdinand dari Spanyol.

Lahir di Genoa, Italia pada 1451, Columbus bekerja sebagai pelaut dan kemudian seorang pengusaha yang berlayar. Ia menjadi terobsesi dengan kemungkinan perintis rute laut barat ke Cathay (Cina), India dan dongeng emas dan pulau rempah-rempah di Asia.

Pada saat itu, orang Eropa tidak mengenal rute laut langsung ke Asia Selatan. Rute melalui Mesir dan Laut Merah ditutup untuk Eropa oleh Kekaisaran Ottoman, seperti banyak jalur darat.

Columbus meninggal tanpa menyadari prestasi besarnya. Ia telah menemukan Dunia Baru Eropa yang kekayaannya selama abad berikutnya membantu membuat Spanyol menjadi negara terkaya dan paling kuat di bumi.

Selanjutnya: Levi Strauss dan Jacob Davis Terima Paten Jeans Biru

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement