Kamis 30 Jun 2016 05:43 WIB

Sejarah Hari Ini: Pria Ini Lewati Air Terjun Niagara dengan Seutas Tali

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Air terjun Niagara.
Foto: AFP
Air terjun Niagara.

REPUBLIKA.CO.ID, Jean Francois Gravelet atau dikenal dengan nama Emile Blondin menjadi orang pertama yang berani melintasi air terjun Niagara, Kanada pada 30 Juni 1859. Ia berjalan di atas ketinggian 160 kaki dengan seutas tali.

Disaksikan oleh sekitar 5.000 penonton, Blondin melakukan aksi paling berbahaya sepanjang sejarah. Betapa tidak, dengan tali berdiameter dua inci dan panjang sekitar 1.100 kaki, air terjun deras yang menjadi jurang kematian siap menanti dirinya jika terjatuh.

Blondin pada saat itu hanya menggunakan tiang penyangga guna menjaga keseimbangannya. Ia juga tidak mengenakan pakaian khusus, hanya ada celana ketat berwarna merah muda dengan atasan kuning yang membuat dirinya tampil lebih mencolok.

Sebelumnya, pria asal Prancis ini sudah dikenal dalam melakukan atraksi ekstrem bagai sulap. Bahkan, pada pertunjukan berbahaya di atas air terjun terbesar di dunia itu, ia menghibur penonton. Ia berjalan di atas tali dengan mata tertutup.

Setelah penampilan yang menggemparkan dunia tersebut, Blondin juga kembali menampilkan bakat berjalan di atas tali yang dimilikinya di London. Pada 1861, ia melakukan atraksi di Crystal Palace, London. Sedikit berbeda, ia berjalan dalam keadaan terbalik di atas ketinggian 170 kaki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement