Rabu 27 Jul 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Mantan Shah Iran Tewas di Pengasingan

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Shah Iran Mohammad Reza Pahlavi membaca pidatonya saat dilantik.
Foto: the times.co.uk
Shah Iran Mohammad Reza Pahlavi membaca pidatonya saat dilantik.

REPUBLIKA.CO.ID, Mohammad Reza Pahlavi, mantan shah Iran tewas dalam pengasingan di Mesir pada 27 Juli 1980. Ia meninggal karena kanker. Mohammad Reza dinobatkan sebagai shah Iran pada 1941, setelah ayahnya dipaksa turun takhta oleh Inggris dan Soviet.

Mohammad Reza kemudian bersumpah untuk berkuasa seperti yang tertulis dalam konstitusi kerajaan, meski ia sering ikut campur dalam urusan pemerintahan terpilih.

Setelah rencana komunis untuk menjatuhkannya gagal pada 1949, ia mendapat lebih banyak kekuasaan. Namun pada awal 1950-an, shah mulai meredup digantikan oleh Mohammad Mosaddeq, seorang nasionalis Iran yang bersemangat meyakinkan DPR untuk menasionalisasi kepentingan minyak ekstensif Inggris di Iran.

Mohammad Reza yang memupuk hubungan dekat dengan Inggris dan AS menentang keputusan itu. Namun ia dipaksa menentukan Mosaddeq jadi perdana menteri pada 1951. Rezim Reza runtuh pada 1979 dan ia pergi dari Mesir.

Selama 14 hari kemudian, Ayatollah Khomeini kembali setelah 15 tahun pengasingan dan ia mengendalikan Iran. Shah pergi ke sejumlah negara sebelum masuk AS pada Oktober 1979 untuk perawatan kanker.

Selanjutnya: Jet Pertama di Dunia Mengudara

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement