Senin 07 Nov 2016 09:31 WIB

Sejarah Hari Ini: Hillary Clinton Mencatatkan Sejarah

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Hillary Clinton
Foto: BBC
Hillary Clinton

REPUBLIKA.CO.ID, Pada hari ini tahun 2000, Hillary Rodham Clinton mencatat sejarah. Ia jadi ibu negara pertama dalam sejarah AS yang memenangkan kursi Demokrat di Senat.

Jumlah suara masih dihitung pada saat itu, namun jelas ia mendapat suara mayoritas dibanding rivalnya Rick Lazio. Ia pun menjabat kursi Senat New York.

Ia membawakan pidato kemenangannya di Manhattan. "Hari ini kita memilih sebagai Demokrat dan Republik, besok kita mulai lagi sebagai orang New York," kata dia.

Clinton menjabat posisi Senator dalam periode penuh selama empat tahun hingga 2004. Bill Clinton, suaminya dan presiden AS, mengakhiri masa jabatannya pada Januari 2001.

Pada 1998, skandal meliputi pasangan Clinton ini. Bill dituduh selingkuh dengan Monica Lewinsky. Saat itu, Bill menyangkal habis-habisan. Clinton menjalani masa sulit ini hingga setahun kemudian.

Saat itu, Bill akhirnya mengakui perselingkuhannya dengan Lewinsky. Namun kini masa itu telah berakhir. Selesai menjabat Senator, Clinton menjadi Menteri Luar Negeri dibawah kabinet Presiden Barack Obama. Kini ia pun maju dalam pemilu AS melawan Donald Trump.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement