Kamis 29 Dec 2016 11:01 WIB

Sejarah Hari Ini: Andrew Johnson, Presiden AS dari Keluarga Miskin Lahir

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden AS ke-17 Andrew Johnson.
Foto: WhiteHouse
Presiden AS ke-17 Andrew Johnson.

REPUBLIKA.CO.ID, Presiden Amerika Serikat (AS) ke-17, Andrew Johnson lahir pada 29 Desember 1808 di Raleigh, North Carolina. Ia merupakan seorang anak yang lahir dari keluarga miskin, namun memiliki masa depan gemilang sebagai pemimpin di Negeri Paman Sam.

Ayahnya merupakan seorang penjaga di tempat penginapan. Sementara, ibunya adalah mantan pegawai di tempat itu.

Johnson tidak pernah belajar secara formal di sekolah. Ia secara otodidak mempelajari banyak hal, termasuk kemudian bekerja menjadi tukang jahit.

Johnson mulai kehidupan baru di Tennessee. Saat itulah, ia bertemu dan menikah dengan Eliza McCardie. Dari sana, kehidupannya mulai berubah.

Ia yang memiliki istri dengan pendidikan baik tidak mau ketinggalan. Banyak hal baru yang Johnson pelajari dan dengan kemampuannya itu, ia mulai dikenal di kalangan masyarakat.

Hingga Johson menaruh perhatian pada masalah-masalah kemasyarakatan yang pada akhirnya membawa ia ke dunia politik. Dimulai dengan menjadi anggota Dewan Kotapraja, wali kota, wakil negara bagian, dan senator.

Johnson menjadi wakil presiden AS pada era kepemimpinan Abraham Lincoln. Setelah kematian Lincoln pada 15 April 1865, ia secara otomatis diangkat menjadi presiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement