Rabu 15 Feb 2017 12:48 WIB

Sejarah Hari Ini: Socrates Dihukum Mati karena Dinilai Merusak Pikiran

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Socrates.
Foto: Independent
Socrates.

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 15 Februari 399 SM filsuf Socrates dihukum mati oleh Kota Athena. Seperti dilansir On This Day, ia dihukum mati karena dinilai merusak pikiran pemuda kota dan tak memiliki rasa hormat.

Saat mau dihiukum mati, Socrates memilih tak melarikan diri. Ia menghabiskan hari-hari terakhirnya untuk berkumpul dengan teman-temannya sebelum akhirnya meminum secangkir minuman beracun dari algojo.

Socrates merupakan filsuf yang lahir di Athena, Yunani. Ia adalah generasi pertama dari tiga ahli filsafat besar dari Yunani, yaitu Socrates, Plato, dan Aristoteles. Socrates merupakan guru Plato.

Selama hidupnya Socrates tak meninggalkan karya berbentuk tulisan. Pengetahuan mengenai ilmu Socrates diambil dari tulisan Plato. Selain itu, pemikiran Socrates juga diketahui dari tulisan-tulisan teman sezamannya dan para pengikutnya.

Ayah Socrates merupakan seorang pembuat patung dari batu bernama Sophroniskos. Sedangkan ibunya bernama Phainarete merupakan seorang bidan. Socrates memiliki seorang istri bernama Xantippe. Ia memiliki tiga orang anak. n dyah ratna meta novia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement