Jumat , 17 March 2017, 08:55 WIB

Sejarah Hari Ini: Romawi Kalah, Pasukan Muslim Kuasai Baitul Maqdis

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Flickr
Ilustrasi pasukan Romawi
Ilustrasi pasukan Romawi

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 17 Maret tahun 636 atau 1.380 tahun yang lalu, menyusul kekalahan tentara Romawi, akhirnya Baitul Maqdis berhasil dikuasai pasukan Muslim. Perang pertama kaum Muslimin melawan tentara Roma dimulai pada masa Khalifah Umar bin Khattab.

Saat itu, pasukan Roma mengalami kekalahan dan bagian Palestina selatan direbut kaum Muslimin. Kemudian, imperium Romawi mengirimkan sejumlah besar tentara ke Palestina, namun kembali mengalami kekalahan.

Bahkan, wilayah Damaskus juga berhasil direbut kaum Muslimin. Sejak itu, Palestina dan Damaskus menjadi bagian dari wilayah imperium Islam. Sejak 1097, kaum Kristen memulai perang Salib dan berusaha merebut Baitul Maqdis.

Kota ini berkali-kali berpindah tangan dari kaum Muslim dan kaum Kristen, sampai akhirnya pada 1250, Salahudin Al-Ayyubi merebut Palestina dan sejak itu terus berada di tangan kaum Muslimin.

Pada masa Perang Dunia I, Palestina dijajah Inggris dan sejak 1948, kawasan ini dijajah oleh rezim zionis. Rezim Israel kemudian mendeklarasikan diri dan Inggris mengizinkannya.

Selanjutnya: Gempa Taiwan Tewaskan 1.200 Orang

 

 




Sumber : History/Parstoday