Senin 03 Apr 2017 13:51 WIB

Sejarah Hari Ini: 148 Tornado Terjang AS

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Badai Tornado di Amerika Serikat
Badai Tornado di Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID,   Hari ini, pada 1974, 148 tornado menerjang Amerika Serikat (AS). Badai tornado yang berlangsung selama 16 jam tersebut menyebabkan 330 orang tewas.

Badai tersebut bermula dari Lembah Sungai Ohio. Tornado pertama menghantam Lincoln dan Ilinois sekitar pukul 14,00. Dalam beberapa jam berikutnya, badai-badai lainnya terbentuk di sejumlah negara bagian.

Lokasi terparah yang diamuk badai tornado tersebut adalah daerah Xenia dan Ohio. Minimnya peringatan tentang bencana tornado yang akan datang mengakibatkan 35 orang tewas dan seribu lainnya mengalami luka-luka. Setelah badai berakhir dibutuhkan 200 truk untuk mengangkut puing-puing reruntuhan di Xenia.

Brandenburg dan Kentucky juga tak luput dari terjangan badai. Di kedua kota tersebut 31 orang tewas dan 250 lainnya mengalami luka parah. Hampir seluruh bagian di kedua kota porak poranda akibat tornado.

Bila diakumulasi, sekitar 50 ribu orang terkena dampak terjangan tornado-tornado tersebut. Kerugian akibat bencana itu diperkirakan bernilai jutaan dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement