Kamis 20 Apr 2017 15:55 WIB

Sejarah Hari Ini: Dua Remaja AS Lakukan Penembakan Brutal

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Penembakan (ilustrasi)
Bendera Uni Soviet.

Hari ini pada 1978, pesawat tempur Uni Soviet memaksa jet penumpang Korea Air Lines untuk mendarat di Uni Soviet. Pendaratan darurat pun dilakukan di sebuah danau beku di daerah Murmansk dan menyebabkan dua orang tewas serta beberapa penumpang lainnya luka-luka. 

Berdasarkan laporan, jet Korea Air Lines tersebut tengah menempuh perjalanan dari Paris, Prancis, menuju Seoul, Korea Selatan (Korsel). Militer Uni Soviet mengklaim rute tersebut biasanya ditempuh di atas daerah kutub utara. Namun tiba-tiba  jet Korea Air Lines berbelok tajam ke wilayah udara Rusia.

Setelah melakukan pendaratan darurat di sebuah danau beku, Uni Soviet mengizinkan pesawat sipil Amerika Serikat (AS) untuk menjemput para korban. Pejabat AS mengaku bingung dengan tindakan Uni Soviet. Sedangka Korea Selatan mengklaim bahwa jet tersebut mengalami kesalahan navigasi.

Sejak berakhirnya Perang Dunia II, Uni Soviet memang sangat ketat menjaga wilayah udaranya. Sejumlah pesawat sipil dan militer telah diusir, dipaksa mendarat, bahkan ditembak jatuh oleh angkatan udara Soviet ketika pesawat-pesawat tersebut memasuki wilayah udara mereka.

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement