Kamis 04 May 2017 16:33 WIB

Sejarah Hari Ini: Palestina Jalankan Pemerintahan Sendiri

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Seorang petugas keamanan Palestina menjaga kantor pemerintahan kota Bireh, Ramallah, Palestina. (ilustrasi)
Foto: EPA/Atef Safadi
Seorang petugas keamanan Palestina menjaga kantor pemerintahan kota Bireh, Ramallah, Palestina. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 4 Mei 1994 Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin dan Ketua Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Yasser Arafat mencapai kesepakatan Palestina akan menjalankan pemerintahannya sendiri. Kesepakatan itu terjadi di Kairo, Mesir.

Kesepakatan itu didahului dengan Persetujuan Oslo yang ditandatangani di Washington pada 13 September 1993. Dalam kesepakatan ini Israel dan Palestina mengakui keberadaan Israel. Ini juga dirancang sebagai kerangka kerja untuk hubungan di masa depan.

Sedangkan pada hari ini tahun 1994 ditandatangani Perjanjian Gaza-Yerikho yang membahas empat isu utama. Di antaranya pengaturan keamanan, masalah sipil, masalah hukum dan hubungan ekonomi. Dalam perjanjian ini juga disepakati menarik pasukan militer Israel di 60 persen wilayah Jalur Gaza (tidak termasuk permukiman Yahudi) dan di Tepi Barat, Yerikho, di mana wilayah ini diduduki Israel saat perang enam hari 1967.

Palestina setuju memerangi teror dan mencegah kekerasan dalam tawar menawar 'tanah untuk perdamaian'. Perjanjian itu juga termasuk kesepakatan mengalihkan kewenangan dari Administrasi Sipil Israel ke Otoritas Palestina yang mencakup yurisdiksi dan kekuatan legislatif, juga pasukan polisi Palestina serta otoritas Palestina.

Selanjutnya: Meninggalnya Pemimpin Komunis Yugoslavia Josip Broz Tito

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement