Rabu 10 May 2017 07:06 WIB

Sejarah Hari Ini: Pendakian Terburuk Everest, Delapan Pendaki Tewas dalam Sehari

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Pendaki gunung Everest
Foto: Foxnews
Pendaki gunung Everest

REPUBLIKA.CO.ID, Pada hari ini di 1996 Gunung Everest mengisahkan korban jiwa pendakian terburuk yang pernah ada. Delapan pendaki tewas dalam waktu sehari akibat badai.

Gunung Everest terkenal sebagai gunung yang sangat sulit untuk ditaklukkan. Jika dikalkulasi, gunung tertinggi di dunia itu menewaskan 15 pendaki selama musim semi 1996. Sedangkan korban jiwa terhitung antara 1980 dan 2002 mencapai 91 pendaki.

Seorang penulis yang memiliki pengalaman pendakian ke gunung yang puncaknya berada di Tibet itu adalah Jon Krakauer. Bukunya berjudul Into Thin Air yang diterbitkan pada 1997 itu kemudian laris-manis.

Sedangkan Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay diklaim sebagai orang yang pertama kali menaklukkan gunung Everest. Mereka melakukan pendakian pada 1953.

Seiring berkembangnya teknologi, meskipun terkenal sebagai gunung yang mematikan dan sulit didaki, para pendaki di era 1990-an sudah bisa memanfaatkan bantuan pemandu ahli. Pada 1996 berhasil dilakukan ekspedisi oleh ratusan pendaki untuk mencapai puncak Himalaya. Salah satunya dilakukan oleh seorang pendaki berpengalaman Sandy Pittman.

Selanjutnya: Cina Bebaskan 211 Demonstran Lapangan Tiananmen

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement