Senin 10 Jul 2017 13:02 WIB

Sejarah Hari Ini: Gorbachev Kembali Pimpin Partai Komunis Uni Soviet

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Former Soviet President Mikhail Gorbachev (file photo)
Foto:
Kapal Rainbow Warrior

Pada 10 Juli 1985, kapal Rainbow Warrior milik organisasi konservasi internasional Greenpeace terbakar dan tenggelam di Pelabuhan Auckland, Selandia Baru. Ledakan itu terjadi setelah agen rahasia Prancis menyimpan sebuah bom di lambung kapal tersebut.

Insiden ini menewaskan satu orang, yaitu seorang fotografer Belanda bernama Fernando Pereira. Rainbow Warrior saat itu tengah mempersiapkan sebuah pelayaran untuk melakukan penelitian di lokasi uji nuklir Prancis di Pasifik Selatan.

Dua hari setelah kejadian tersebut, pihak berwenang Prancis menolak bertanggung jawab atas tuduhan pengeboman. Prancis terus mengelak bahkan setelah polisi Selandia Baru menahan dua agen rahasia Prancis di Auckland.

Di bawah tekanan dari pihak berwenang Selandia Baru, pemerintah Prancis membentuk sebuah penyelidikan untuk menyelidiki insiden tersebut. Setelah beberapa minggu melakukan penyelidikan, Prancis menyimpulkan agen rahasianya hanya memata-matai Greenpeace.

Namun, di tahun yang sama, sebuah surat kabar Inggris menemukan bukti otorisasi rencana pengeboman oleh Presiden Francois Mitterrand. Perdana Menteri Prancis Laurent Fabius kemudian memberikan pengakuan agen tersebut benar telah menenggelamkan kapal Greenpeace di bawah perintah pemerintah.

Di Auckland, kedua agen yang ditangkap telah mengaku bersalah atas tuduhan pembunuhan dan kerusakan yang disengaja, dan masing-masing dijatuhi hukuman 10 tahun penjara. Setelah negosiasi dengan pemerintah Prancis, Selandia Baru membebaskan mereka setahun kemudian.

Dilansir dari History, pada 1992, Presiden Mitterrand memerintahkan penghentian pengujian nuklir Prancis. Namun pada 1995 Greenpeace mengirim Rainbow Warrior II ke Polinesia Prancis untuk melakukan protes setelah Prancis kembali melakukan pengujian nuklir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement