Rabu 12 Jul 2017 16:04 WIB

Sejarah Hari Ini: Boris Yeltsin Mundur dari Partai Komunis Uni Soviet

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Presiden Rusia terdahulu Boris Yeltsin pada 20 Agustus 1991.
Foto:
Pada 12 Juli 1998, Prancis berhasil mengalahkan Brasil dengan skor 3-0 dalam Piala Dunia yang digelar di Stade de France, Saint Denis.

Pada 12 Juli 1998, Prancis berhasil mengalahkan Brasil dengan skor 3-0 dalam Piala Dunia yang digelar di Stade de France, Saint Denis. Piala Dunia ini adalah yang pertama kali diselenggarakan Prancis sejak pertama dihelat pada 1938.

Tim Les Bleus Prancis adalah regu multi-etnis yang menunjukkan wajah masyarakat Prancis yang beragam pasca-Perang Dunia II. Bek Lilian Thuram berasal dari Guadeloupe, striker junior Thierry Henry berasal dari Antillean, dan playmaker brilian Zinedine Zidane berasal dari Aljazair.

Meski berasal dari beragam latar belakang, para pemain memiliki tekad yang sama untuk memperbaiki performa Prancis yang gagal lolos memasuki kualifikasi Piala Dunia pada 1994. Dalam piala dunia kali ini, Prancis mampu meraih kemenangan atas Italia dan Kroasia di semi-final.

Di babak final, Prancis harus menghadapi tim terkuat di dunia, yaitu Brasil. Tim Brasil dipimpin oleh Ronaldo, si mesin pencetak gol yang menjadi Pemain Terbaik FIFA 1996 dan 1997.

Pemain berusia 21 tahun itu mendapat penghargaan Most Valuable Player dalam Piala Dunia 1998 atas empat gol dan tiga assist yang dilakukannya. Namun ia dilaporkan memasuki final untuk melawan Perancis dengan kondisi buruk, yaitu cedera pergelangan kaki sakit dan sakit kepala

Yang mengejutkan dalam final Piala Dunia kali ini adalah, Brasil tidak bisa menerobos pertahanan Prancis. Pada menit ke-27, Zidane berhasil mencetak gol pertamanya dan 21 menit kemudian, ia berhasil mencetak gol kedua untuk Prancis.

Pada menit ke-68, bek Prancis Marcel Desailly diberi kartu kuning kedua dan terpaksa dikeluarkan dari lapangan. Meskipun Perancis harus bermain dengan 10 orang pemain, tim ini berhasil mengukuhkan kemenangan dengan gol ketiga yang dicetak oleh gelandang Emanuel Petit.

Dilansir dari History, Prancis adalah negara tuan rumah pertama yang memenangkan Piala Dunia sejak Argentina pada 1978.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement