Ahad , 30 July 2017, 10:39 WIB

Sejarah Hari Ini: Jet Tempur dan Pesawat Boeing Bertabrakan di Udara

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
xinhua
Kecelakaan Pesawat/ilustrasi
Kecelakaan Pesawat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah jet tempur F-86 Sabre milik militer Jepang, bertabrakan di udara dengan pesawat komersial Boeing 727 milik Maskapai Penerbangan Nippon Airways, pada 30 Juli 1971. Sebanyak 162 penumpang dilaporkan tewas.

Pesawat Nippon Airways dengan nomor penerbangan Flight 58 sedang melakukan perjalanan dari Bandara Chitose di Hokkaido k11e Tokyo. Sebagian besar penumpang adalah anggota kelompok yang mendedikasikan diri untuk membantu korban perang.

Meski lepas landas dengan tidak lancar, pesawat Flight 58 bisa mencapai ketinggian 28 ribu kaki. Saat berlayar di atas Pegunungan Alpen Jepang, Flight 58 tiba-tiba berhadapan dengan dua jet militer.

Satu jet tempur F-86 Sabre diterbangkan oleh Kapten Kuma dan satu lagi diterbangkan oleh muridnya, Sersan Yoshimi Ichikawa, yang tidak memiliki banyak jam terbang. Kedua jet tidak dilengkapi radar, sehingga tidak dapat mendeteksi kehadiran Flight 58.

Jet yang diterbangkan Sersan Ichikawa kemudian bertabrakan dengan Flight 58 dan keduanya jatuh ke pegunungan. Ichikawa berhasil selamat setelah mengeluarkan parasut, sedangkan semua penumpang Flight 58 tewas.

Dilansir dari History, Yoshimi Ichikawa dituduh melakukan pembunuhan tanpa disengaja, namun dibebaskan saat diadili.