Kamis , 03 August 2017, 13:28 WIB

Sejarah Hari Ini: Perang Dunia I Dimulai

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Daily Express
Sketsa tenggelamnya kapal Inggris Lusitania kapal selam Jerman di lepas pantai selatan Irlandia, 7 Mei 1915 saat Perang Dunia I.
Sketsa tenggelamnya kapal Inggris Lusitania kapal selam Jerman di lepas pantai selatan Irlandia, 7 Mei 1915 saat Perang Dunia I.

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 3 Agustus 1914 deklarasi Perang Dunia I dinyatakan.  Seperti dilansir The People History, deklarasi perang Jerman dan Prancis menandakan dimulainya Perang Dunia I.

Perang ditandai dengan pesawat dan artileri Jerman menyerang dan membombardir Kota Paris selama berminggu-minggu. Akibat serangan Jerman yang brutal warga Paris mengalami kekurangan makanan dan terserang wabah influenza.

Namun semangat juang rakyat Prancis untuk membela negaranya dari serangan kekaisaran Jerman tetap tinggi hingga  menjelang akhir perang. Pemuda-pemuda Prancis terus bertempur di  garis depan.

Sedangkan para wanita Prancis  mengambil tempat yang jauh lebih besar dalam angkatan kerja. Mereka sibuk bekerja keras untuk mempertahankan keluarga saat Perang Dunia I.

Akhirnya pada November, Jerman dan sekutunya tak mampu melanjutkan perang. Monarki Austro-Hungaria runtuh pada 3 November, disusul monarki  Jerman runtuh pada 9 November.

Jerman diproklamirkan sebagai republik, dan Kaisar Jerman Wilhelm II melarikan diri ke Belanda. Warga Prancis sangat senang dan melakukan perayaan atas kejatuhan Jerman. Perayaan besar terlihat di jalan-jalan di Paris kala itu.