Senin 30 Apr 2012 20:35 WIB

Dalih Terorisme, Vietnam Tangkapi Aktivis

Bendera Vietnam (ilustrasi)
Foto: wikispaces.com
Bendera Vietnam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, HO CHI MINH - Vietnam kian keras menyikapi aktivis yang dicurigai terlibat terorisme. Seorang aktivis pro-demokrasi Vietnam ditangkap dan ditahan minimal empat bulan dengan tudingan mengorganisasi kegiatan terorisme.

Si aktivis, Nguyen Quoc Quan, yang memegang paspor Amerika Serikat, menurut laporan media pemerintah ditangkap di Tan Son Nhat International Airport, Ho Chi Minh, pada 17 April lalu. Tapi berita penangkapannya baru muncul ke publik hari Ahad  (29/4) kemarin berkat permohonan Viet Tan, kelompok advokasi tempat dia bekerja.

Menurut aporan Tuoi Tre, organisasi pemuda komunis yang berafiliasi kepada pemerintah, Quan tertangkap saat membawa dokumen pelatihan teroris. Dokumen itu, masih menurut laporan media tersebut, digunakan untuk menghasut demonstrasi di Ho Chi Minh serta provinsi lain pada perayaan penyatuan kembali Vietnam Utara dan Selatan pada Hari Buruh esok.

Kelompok Viet Tan--yang memiliki kantor di California, Jepang, Australia, dan Prancis--menulis di situsnya bahwa organisasi ini berkomitmen pada perdamaian dan perjuangan tanpa kekerasan. Mereka juga membela hak asasi manusia dan mempromosikan demokrasi.

Tuduhan terorisme yang dilontarkan pemerintah terhadap Quan, 58 tahun, mereka sebut sebagai "Benar-benar palsu dan tidak berdasar."

sumber : CNN
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement