Sabtu 05 May 2012 06:54 WIB

'Obama Pembohong dan Manfaatkan Usamah'

Presiden AS, Barack Obama di Pangkalan Militer Bagram, Afghanistan
Foto: Kevin Lamarque/AP
Presiden AS, Barack Obama di Pangkalan Militer Bagram, Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID, Seorang analis politik mengatakan, Presiden AS Barack Obama adalah seorang pembohong, di mana dia memanfaatkan mantan pemimpin Alqaidah, Usamah bin Ladin untuk menjustifikasi perang melawan terorisme dan untuk memajukan kampanye pemilunya.

 

Dalam sebuah artikel di situs Global Research, Michel Chossudovsky, Direktur Pusat Riset Globalisasi mengatakan, setiap ucapan Obama dalam pidatonya pada 1 Mei di Pangkalan Udara Bagram Afghanistan, yang bertepatan dengan satu tahun kematian Bin Laden adalah kebohongan.

"Obama ingin menjadikan kebohongan dan rekayasa sebagai alat kampanye. Pidato sandiwara Obama merupakan sebuah dunia ilusi yang sebenarnya, di mana orang-orang jahat sedang mengintai dan merencanakan aksi teror," tambah Chossudovsky.

Padahal Bin Ladin dimanfaatkan dan dilindungi oleh CIA. Obama dalam pidatonya mengatakan, "Di sinilah, di Afghanistan, Usamah bin Laden telah mendirikan sebuah tempat yang aman bagi organisasi teroris."

Obama lebih lanjut menandaskan, "Di sinilah, di Afghanistan, di mana Alqaidah merekrut anggota baru, melatih mereka, dan menyusun aksi teror."

Namun, Chossudovsky mengatakan, anggota Kelompok Teroris Munafikin (MKO) juga direkrut dan dilatih oleh CIA.

Dalam pidatonya, Obama menambahkan bahwa, "Di sinilah, dari dalam perbatasan ini, Alqaidah melancarkan serangan yang menewaskan hampir 3.000 orang laki-laki, perempuan dan anak-anak."

Akan tetapi, Chossudovsky menegaskan bahwa sampai detik ini sama sekali tidak ada dokumen dan bukti yang menunjukkan keterlibatan Alqaidah dalam serangan 11 September.

Pada 10 September 2001, CBS News mengkonfirmasikan bahwa Bin Ladin sedang dirawat di rumah sakit militer di Rawalpindi, Pakistan.

"Oleh karena itu, 10 tahun lalu, AS dan sekutu kita berperang untuk memastikan bahwa Alqaidah tidak bisa lagi menggunakan negara ini untuk memulai serangan terhadap kami," kata Obama.

Sementara serangan 11 September adalah pembenaran untuk melancarkan perang di Afghanistan dengan alasan membela diri. 

sumber : IRIB/IRNA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement