Selasa , 26 September 2017, 13:06 WIB

Sejarah Hari Ini: Debat Pertama Presiden AS di TV Digelar

Rep: Marniati/ Red: Teguh Firmansyah
John F Kennedy
John F Kennedy

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk pertama kalinya dalam sejarah AS sebuah debat antara calon presiden partai besar ditampilkan di televisi. Hari ini pada 1960, Calon presiden, John F. Kennedy, seorang senator Demokrat di Massachusetts, dan Richard M. Nixon, wakil presiden Amerika Serikat, bertemu di sebuah studio di Chicago untuk membahas masalah domestik AS.

Kennedy muncul sebagai pemenang pertama dari empat debat yang diadakan di televisi. Tidak seperti Kennedy, Nixon tampak gugup dan menolak untuk memakai make-up.

Dilansir dari history.com, Nixon bernasib lebih baik dalam debat kedua dan ketiga. Kemudian pada 21 Oktober para kandidat bertemu untuk membahas urusan luar negeri dalam debat keempat dan terakhir mereka.

Kurang dari tiga pekan kemudian, pada 8 November, Kennedy memenangkan 49,7 persen suara rakyat di salah satu pemilihan presiden AS. Angka yang diperoleh Kennedy terpaut sangat sedkit dari Nixon yang yang memperoleh 49,6 persen suara.

Satu tahun setelah meninggalkan wakil presiden, Nixon kembali ke dunia politik, memenangkan nominasi Partai Republik untuk Gubernur California. Meski kalah dalam pemilihan, Nixon kembali ke panggung nasional pada 1968 dalam sebuah tawaran yang berhasil untuk menjadi presiden.

Seperti Lyndon Johnson pada 1964, Nixon menolak untuk memperdebatkan lawannya dalam kampanye kepresidenan 1968. Perdebatan presiden di televisi kembali pada tahun 1976, dan telah diadakan dalam setiap kampanye kepresidenan

Berita Terkait