Senin 16 Oct 2017 13:40 WIB

Sejarah Hari Ini: Intelektual Nazi Dihukum Gantung

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Alfred Rosenberg.
Foto:
Police line

Hari ini pada tahun 1996, tim nasional Guatemala siap menjamu tamunya Kosta Rika dalam pertandingan kualifikasi piala dunia. Namun hari itu berujung malapetaka yang menyebabkan 83 suporter Guatemala tewas.

Kejadian ini bermula ketika sekitar 60 ribu suporter Guatemala memaksa memasuki stadion yang hanya berkapasitas 45 ribu orang. Tak disangka bahwa ribuan orang itu memaksa masuk karena ternyata tiket pertandingan yang mereka beli palsu.

Meski stadion sudah penuh satu jam sebelum pertandingan dimulai, para suporter yang kecewa karena tiketnya palsu tetap memaksa untuk masuk ke tribune. Tak pelak hal ini menyebabkan ratusan orang tergencet di tengah kerumunan massa.

Adapun mereka yang telah tiba di tepi tribune, berjatuhan karena terdorong massa di belakangnya. Situasi kian kacau ketika aksi saling dorong berlangsung, terjadi perkelahian brutal antara sesama suporter.

Presiden Guatemala Alvara Azru yang kala itu turut hadir di stadion, memerintahkan agar pertandingan dibatalkan. Kekacauan dan kericuhan yang terjadi menyebabkan 83 orang tewas, termasuk di dalamnya anak-anak. Presiden Azru pun mengumumkan tiga hari berkabung pascainsiden tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement