Selasa 17 Oct 2017 14:32 WIB

Sejarah Hari Ini: Serbia dan Yunani Nyatakan Perang Terhadap Utsmani

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Era Dinasti Ottoman.
Foto: Reelz.com
Al Capone

Hari ini pada 1931, Alphonse Gabriel Capone atau lebih dikenal dengan nama Al Capone dijatuhi hukuman penjara 11 tahun serta denda 80 ribu dolar AS akibat kasus penggelapan pajak. Ia merupakan gangster dan penjahat paling tersohor pada 1920 dan 1930-an di AS.

Al Capone lahir di Brooklyn, New York, pada 1899. Sepak terjangnya di dunia kriminial dimulai ketika dia pindah ke Chicago pada usia 21 tahun. Kala itu, Al Capone membantu mafia bernama Johnny Torrio menyelundupkan alkohol, termasuk menjalankan usaha perjudian dan pelacuran.

Setelah menggantikan posisi Torrio pada 1925, Al Capone kian dikenal di kalangan gangster dan mafia AS. Ia mengembangkan usahanya dalam bisnis penyelundupan alkohol. Namanya masuk dalam daftar buruan FBI pada 1930.

Kendati demikian, ia kerap lolos dari jerat hukum karena berhasil menyuap pejabat serta mengintimidasi orang-orang yang bersaksi terhadapnya.

Masa kejayaan Al Capone terhenti pada 1931 ketika AS berhasil menuntut dan memenjarakannya atas kasus penggelapan pajak. Ia akhirnya mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Atlanta. Namun rumor beredar bahwa dia mendapatkan fasilitas khusus di Atlanta dan akhirnya dipindahkan ke Penjara Alcatraz di Teluk San Francisco berpengamanan maksimum.

Ia bebas pada 1939 karena catatan perilaku baik. Terganggu karena masalah kesehatan, Al Capone akhirnya meninggal di rumahnya di Palm Island, Florida, tahun 1947 dalam usia 48 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement