Kamis 23 Nov 2017 12:15 WIB

Sejarah Hari Ini: Kekaisaran Ottoman Serang Georgia

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ani Nursalikah
Era Dinasti Ottoman.
Foto: Reuters/Jorge Silva
Sisa bom Perang Vietnam digunakan sebagai pot tanaman di Desa Ban Napia Laos

23 November 1973 merupakan hari dimana perundingan perang Vietnam dilanjutkan. Negosiasi yang dihelat di Paris itu dilakukan untuk menyelesaikan perang dan mewujudkan perdamaian di antara Vietnam Utara dan Selatan.

Perundingan diwakilkan oleh Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Henry Alfred Kissinger dan Diplomat Vietnam Le Duc Tho. Sayangnya dalam perundingan tersebut kedua belah pihak tidak bisa mencapai kesepakatan bersama hingga menemui jalan buntu.

Kesepakatan itu menitik beratkan pembasahan mengenai penerapan kekuatan pengawasan internasional serta penarikan pasukan Vietnam Utara dari kawasan Selatan. Buntunnya pembicaraan pihak terkait membuat Presiden Amerika Serikat saat itu Richard Nixon meluncurkan serangan bom untuk membuat Vietnam Utara kembali ke meja perundingan.

Serangan tersebut memaksa kubu utara untuk kembali melanjutkan negosiasi damai. Pakta perdamaian berhasil terwujud pada 27 Januari 1973 dan ditandatangani oleh pemerintah Republika demokrasi Vietnam (utara) Republika Vietnam (selatan) Amerika Serikat dan Provisional Revolutionary Government (PRG) yang merupakan tentara Revolusioner Vietnam Selatan.

Perjanjian damai itu sekaligus mengakhiri campur tangan militer Amerika dalam perang antara Vietnam Utara dan Selatan. Aktor yang berperan dalam perjanjiaan damai itu diganjar hadiah nobel perdamaian, namun Le Duc Tho menolak menerima nobel tersebut. Pakta perdamaian ini sekaligus membuka jalan bagi komunisme untuk masuk ke kawasan selatan pada April 1975.

Selanjutnya: Gempa 7,2 SR Guncang Selatan Italia, 3.000 Tewas

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement