Rabu 21 Feb 2018 11:18 WIB

Sejarah Hari Ini: Mesin Cetak Pertama Berbahasa Cherokee

Mesin cetak itu diawali dengan terciptanya alfabet Cherokee oleh pemuda Sequoyah.

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Budi Raharjo
Alfabet Cherokee
Foto: tumblr.com
Alfabet Cherokee

REPUBLIKA.CO.ID,Mesin cetak pertama yang dirancang dengan menggunakan alfabet Cherokee yang baru ditemukan tiba di New Echota, Georgia. Dewan Umum Bangsa Cherokee membeli mesin cetak tersebut dengan tujuan untuk menghasilkan koran berbahasa Cherokee.

Bagaimanapun, mesin cetak itu tidak akan berguna jika bukan karena karya seorang pemuda Cherokee yang luar biasa bernama Sequoyah, yang menciptakan alfabet Cherokee. Sebagai seorang pemuda, Sequoyah telah bergabung dengan relawan Cherokee yang bertempur di bawah pimpinan Andrew Jacson untuk melawan Inggris dalam Perang 1812.

Dalam berurusan dengan tentara Anglo dan pemukim, dia menjadi tertarik dengan warisan bahasa mereka, sebuah buku yang dia ketahui entah bagaimana seseorang mencatat percakapan manusia. Dalam lompatan logika yang brilian, dia memahami sifat dasar representasi simbolik suara dan pada 1809 mulai mengerjakan sistem serupa untuk bahasa Cherokee.

Diejek dan disalahpahami oleh sebagian besar Cherokee, Sequoyah membuat kemajuan yang lambat sampai dia menemukan gagasan untuk mewakili setiap suku kata dalam bahasa dengan karakter tertulis yang terpisah. Pada 1821, dia telah menyempurnakan silabusnya dengan 86 karakter, sebuah sistem yang bisa dikuasai dalam waktu kurang dari sepekan.

Setelah mendapat dukungan resmi dari kepemimpinan Cherokee, penemuan Sequoyah segera diadopsi di seluruh negara Cherokee. Ketika mesin cetak berbahasa Cherokee tiba pada hari ini di tahun 1828, tipe timbalnya didasarkan pada silabus Sequoyah. Dalam beberapa bulan, surat kabar berbahasa Indian pertama dalam sejarah muncul di New Echota, Georgia, dan disebut Phoenix Cherokee.

Salah satu dari apa yang disebut "lima suku beradab" yang berasal dari Amerika Tenggara, Cherokee telah lama memeluk program Amerika Serikat untuk "membudayakan" orang Indian di tahun-tahun setelah Perang Revolusi. Dibenak orang Amerika, silabus Sequoyah lebih jauh menunjukkan keinginan Cherokee untuk memodernisasi dan menyesuaikan diri dengan dunia Anglo yang dominan.

Cherokee menggunakan pers baru mereka untuk mencetak versi bilingual konstitusi republik, dan mereka mengambil banyak langkah lain untuk mengasimilasi budaya dan praktik Anglo sambil tetap menjaga beberapa aspek bahasa dan kepercayaan tradisional mereka.

Sayangnya, terlepas dari usaha tulus Cherokee untuk bekerja sama dan berasimilasi dengan orang Anglo-Amerika, prestasi mereka tidak melindungi mereka dari tuntutan orang Amerika yang haus akan lahan. Berulang kali mendorong ke barat untuk memberi ruang bagi pemukim Anglo, Cherokee kehilangan lebih dari 4.000 orang mereka (hampir seperempat negara) pada migrasi musim dingin 1838-1939 ke Oklahoma yang kemudian dikenal sebagai Trail of Tears.

Meskipun demikian, orang-orang Cherokee bertahan sebagai sebuah bangsa di rumah baru mereka, sebagian berkat kehadiran bahasa tertulis pemersatu yang diciptakan oleh Sequoyah. Sebagai pengakuan atas jasanya, Bangsa Cherokee memilih Sequoyah sebagai peringatan tahunan pada 1841. Dia meninggal dua tahun kemudian diladangnya di Oklahoma. Saat ini, ingatannya juga tersimpan dalam nama ilmiah untuk pohon redwood raksasa California, Sequoia.

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement