Selasa 27 Feb 2018 08:08 WIB

Sejarah Hari Ini: Ledakan Tambang Montana, 74 Tewas

Korban tewas akibat ledakan dan mati lemas kehabisan oksigen.

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Teguh Firmansyah
Ledakan Gas (ilustrasi)
Foto: en.trend.az
Ledakan Gas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Pada hari ini di tahun 1943 terjadi sebuah ledakan di tambang Perusahaan Batu Bara dan Besi Montana. Insiden ini menewaskan 74 pekerja.  Ini adalah bencana pertambangan terburuk dalam sejarah Montana.

Washoe dan Bearcreek adalah sebuah daerah dengan komunitas kecil di Montana, yang hampir seluruh penduduknya adalah pekerja tambang. Banyak dari mereka yang bekerja di Smith Mine untuk Perusahaan Batu Bara dan Besi Montana.

Pada suatu pagi di hari Sabtu yang dingin pada 27 Februari, sebanyak 77 orang bekerja ditambang. Kemudian saat pukul 09.30 pagi waktu setempat, sebuah ledakan besar terdengar. Orang-orang Washoe dan Bearcreek mendengar ledakan itu yang kemudian diikuti dengan raungan panjang dari sirene peringatan.

Penyebab pastinya ledakan itu tidak diketahui, meskipun beberapa penambang perusahaan mengklaim bahwa gas metana telah dibangun di beberapa poros yang ditinggalkan dan dinyalakan setelah masuk gua.

Dari 77 pekerja yang berada di tambang saat itu, hanya tiga orang yang berhasil bertahan hidup. Korban meninggal langsung karena ledakan itu atau mati lemas saat tingkat oksigen di tambang itu mulai menurun.

 

Hampir setiap rumah tangga di Washoe dan Bearcreek itu terpengaruh oleh tragedi tersebut, karena sebagian besar keluarga mereka bekerja di tambang. Dan tambang itu tidak pernah dibuka kembali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement