Jumat 10 Feb 2012 16:25 WIB

Ulama Suriah Berterima Kasih Pada Iran

Rep: Agung Sasongko/ Red: Dewi Mardiani
Pemimpin spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei
Foto: AP
Pemimpin spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Ulama Suriah berterima kasih kepada Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, atas dukungan penuhnya kepada pemerintah Suriah dalam menangani kerusuhan yang meluas. "Terima kasih dari masyarakat Suriah dan presiden untuk sikap Ahmadinejad dan bangsa Iran," ungkap Mufti Besar Suriah, Syeikh Ahmed Hassoun Badreddin, seperti dikutip alarabiya.net, Jum'at (10/2).

Ucapan itu merupakan tanggapan mufti saat Presiden Iran berbicara kepada ulama Sunni dalam acara konfrensi Islam di Teheran, beberapa waktu lalu. Saat itu, Ahmadinejad mengatakan, tujuan utama dari Amerika Serikat (AS) dan sekutunya adalah mempertahankan keberadaan Israel.

"AS dan sekutunya berusaha untuk memulai peran baru di wilayah tersebut. Mereka berusaha memecahkan garis perlawanan Islam. Tapi kami percaya bahwa dengan kebijaksanaan dan persatuan maka kita dapat berdiri menentang mereka," kata Ahmadinejad lantang.

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, Selasa lalu, memperingatkan terhadap campur tangan AS dalam urusan internal Suriah. Namun, ia mengharapkan adanya reformasi bagi rakyat Suriah. Menteri Luar Negeri Suriah, Walid Muallem, segera merespon harapan Khamanei dengan menjanjikan reformasi segera dijalankan.

Suriah merupakan sekutu utama Iran di Timur Tengah. Selama kerusuhan, Iran berdiri dibelakang Suriah. Namun, Iran menyangkal pengiriman senjata ke Damaskus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement